Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Telaah Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL (TUGAS PPG)

Ruang Kolaborasi: Telaah Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL

Bapak/Ibu guru, pada bagian ini, ajaklah teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk berdiskusi. Selama Bapak/Ibu guru mengajar, mungkin saja Bapak/Ibu guru pernah menerapkan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL, namun belum mengenal istilah pendekatan tersebut. 

Untuk melaksanakan aktivitas pada tahap ini, Bapak/Ibu guru dapat mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Pilih salah satu rencana pembelajaran (RPP/Modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki;
  2. Telaah RPP/modul ajar tersebut bersama teman sejawat/kepala sekolah/pengawas dengan menggunakan pendekatan TaRL; dan
  3. Gunakan tabel berikut sebagai panduan.

Tabel 3.1 Telaah rancangan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL
   
Kompenen   Pembelajaran   
   
Hasil   Telaah   
   
Tujuan Pembelajaran   
   
   
   
Asesmen Awal   
   
   
   
Asesmen Formatif   
   
   
   
Asesmen Sumatif   
   
   
   
Kegiatan Pembelajaran Berdasarkan   Hasil Asesmen Awal   
   
   


DOKUMENTASI FOTO KEGIATAN TELAAH
Dokumentasi Kegiatan Telaah Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL
Dokumentasi Kegiatan Telaah Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL

LINK YOUTUBE KEGIATAN TELAAH



Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Riris Purnamasari, M.Pd – Bahasa Indonesia):
Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Riris Purnamasari, M.Pd – Bahasa Indonesia)
Dokumen 1



Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Viga Karina – Fisika):
Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Viga Karina – Fisika)
Dokumen 2

HASIL TELAAH:
Berdasarkan telaah Riris Purnamasari, tujuan pembelajaran pada perangkat ajar sudah menggambarkan bentuk-bentuk kebutuhan peserta didik yang beragam. Instrumen asesmen (awal) sudah lengkap dan dapat digunakan untuk memetakan kebutuhan peserta didik pada materi yang diajar. Asesmen (formatif) dapat digunakan untuk memetakan kebutuhan belajar selanjutnya. Asesmen (sumatif) dapat digunakan untuk memetakan kebutuhan belajar dan melakukan perbaikan kegiatan belajar selanjutnya. Kegiatan belajar sudah disusun dan disesuaikan berdasarkan hasil asesmen dan sudah memperhatikan keberagaman peserta didik. Kritik dan saran tambahan, bahwa modul ajar sudah sesuai dengan profil P5 dan kurikulum merdeka. Terdapat pertanyaan pemantik serta profil P5 yang dibidik.

Sedangkan menurut Viga Karina, tujuan pembelajaran sudah baik dan sudah menggambarkan kebutuhan peserta didik yang berdiferensiasi. Instrumen asesmen (awal) sudah baik dan bisa digunakan pada pemetaan awal kebutuhan belajar peserta didik untuk kegiatan pembelajaran. Asesmen (formatif) dapat digunakan untuk memetakan keberagaman peserta didik di kelas, baik kelebihan ataupun kekurangan peserta didik. Pemilihan instrument asesmen (sumatif) sudah baik dan asesmen juga dapat digunakan untuk memetakan kebutuhan belajar dan perbaikan kegiatan selanjutnya. Kegiatan belajar sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang beragam atau berdiferensiasi dan sudah sejalan dengan kurukulum merdeka. Kritik dan saran tambahan, bahwa rancangan pembelajran yang dilakukan sudah sesuai dengan pendekatan TaRL, tetapi untuk asesmen sumatif sebaiknya dapat dilampirkan bentuk soalnya agar dapat mengidentifikasi soal-soal yang bertipe HOTs ataupun belum.

TINDAK LANJUT: 
Akan dilakukan perbaikan kualitas perangkat ajar berdasarkan kritik dan saran-saran tambahan yang diberikan oleh rekan sejawat terhadap kualitas perangkat ajar yang dimiliki saat ini.

6 komentar untuk "Hasil Telaah Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL (TUGAS PPG)"

  1. Untuk pembuatan perangkat ajar sudah sesuai dengan pendekatan Teaching at The Right Level.

    BalasHapus
  2. Dengan pendekatan Teaching at The Level apakah sumua peserta didik dapat terfasilitasi kebutuhan belajarnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pendekatan Teaching at The (Right) Level memang memungkinkan untuk memfasilitasi kebutuhan belajar semua peserta didik, dimana guru diharapkan untuk memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan potensi dirinya masing-masing.

      Hapus
  3. Apakah pendekatan TaRL ini bisa digunakan dengan berbagai model pembelajaran untuk memfasilitasi kebutuhan peserta didik?

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -