Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Telaah Rancangan Pembelajaran Menggunakan Prinsip UbD (TUGAS PPG)

Ruang Kolaborasi: Telaah Rancangan Pembelajaran Menggunakan Prinsip UbD

Bapak/Ibu Guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengekplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/Modul Ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajaran dengan mengisi rubrik checklist. Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merepleksikan perencanaan pembelajaranan dengan pendekatan UbD. Dengan demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD.


DOKUMENTASI FOTO KEGIATAN TELAAH
Kegiatan Telaah Rancangan Pembelajaran Menggunakan Prinsip UbD
Kegiatan Telaah Rancangan Pembelajaran Menggunakan Prinsip UbD


LINK YOUTUBE KEGIATAN TELAAH




Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Cyndykia Gusti Berliana – Guru Informatika):
Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Cyndykia Gusti Berliana – Guru Informatika)
Dokumen 1.1

Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Cyndykia Gusti Berliana – Guru Informatika)
Dokumen 1.2

Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Urfan Afif – Guru Geografi – Guru Penggerak Angkatan 9 Tahun 2024):
Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Urfan Afif – Guru Geografi – Guru Penggerak Angkatan 9 Tahun 2024)
Dokumen 2.1

Dokumentasi Hasil Telaah Rekan Sejawat (Urfan Afif – Guru Geografi – Guru Penggerak Angkatan 9 Tahun 2024)
Dokumen 2.2

Catatan:
  • Berdasarkan hasil telaah dari Cyndikia RPP/Modul yang dibuat masih terdapat kekurangan pada bagian desain aktifitas belajar karena masih kurang mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep secara lebih mendalam.
  • Sedangkan berdasarkan hasil telaah dari Urfan RPP/Modul yang dibuat sudah menunjukkan tujuan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.

Refleksi Diri Sendiri: Untuk guru sendiri, berdasarkan pemahaman baru yang didapatkan dari TOPIK satu, dan setelah mengisi Rubrik Checklist yang telah disediakan sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu dievaluasi dalam kegiatan pembelajaran yang telah guru lakukan sebelumnya. Dimulai dari proses menentukan tujuan pembelajaran, dari 6 poin ada 2 poin utama yang menurut tenaga pendidik perlu untuk diperbaiki, yaitu:
  • Saya merumuskan pertanyaan esensial yang mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep-konsep dan merumuskan pemahaman mereka sendiri.
  • Saya merumuskan tujuan pembelajaran dalam berbagai kategori kemampuan peserta didik.
Karena berdasarkan pemahaman sebelumnya, kecenderungan tenaga pendidik untuk membuat tujuan pembelajaran adalah hanya berfokus pada CP yang akan dipilih tanpa benar-benar memerhatikan kebutuhan dan kemampuan peserta didik secara spesifik.

Yang kedua adalah pada Langkah Menentukan Asesmen Pembelajaran, dimana dari 6 poin ada 2 poin utama yang menurut tenaga pendidik perlu mendapatkan perbaikan, yaitu:
  • Saya merancang asesmen formatif untuk mengukur Capaian Pembelajaran yang berkelanjutan selama proses pembelajaran.
  • Saya mengembangkan instrumen penilaian autentik.
Dalam pembuatan asesmen yang pernah dilakukan, guru atau tenaga pendidik harus membuat suatu format ukuran yang dapat mengukur Capaian Pembelajaran secara berkelanjutan, serta harus mengembangkan bentuk instrument penilaian peserta didik dengan lebih autentik.

Dan yang ketiga atau yang terakhir, pada Langkah Merancang Kegiatan Pembelajaran, dimana pada bagian ini terdapat satu poin yang perlu mendapatkan perbaikan, yaitu:
  • Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan keragaman kemampuan awal peserta didik.
Dimana pada tahap awal kegiatan pembelajaran, guru perlu mengembangkan suatu aktifitas pembelajaran yang lebih beragam atau sesuai dengan kemampuan awal peserta didik, tidak hanya berpatokan pada sumber daya yang tersedia di sekolah saja.

Berdasarkan hasil refleksi tersebut, guru selanjutnya akan melakukan perbaikan kualitas perangkat ajar yang telah dibuat sebelumnya, berdasarkan hasil evaluasi dan pemahaman baru yang telah didapatkan berdasarkan prinsip Understanding by Desing (UbD) agar kualitas perangkat ajar dan kualitas pembelajaran dikelas menjadi lebih baik lagi.

4 komentar untuk "Hasil Telaah Rancangan Pembelajaran Menggunakan Prinsip UbD (TUGAS PPG)"

  1. nama: urfan afiv, dari SMAN 8 Semarang sangat menginspirasi dengan apa yang sudah di sampaikan dan dapat menjadi role model

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Afif, semoga kedepan bisa belajar lebih banyak lagi. - Elfan Mauludi

      Hapus
  2. hasilnya sangat menginspirasi semoga bisa dijadikan panutan (Cindykia-Informatika- SMA N 8 Semarang)

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -