Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menuju Perintah Tertentu Bahasa C Menggunakan Goto Statement

Statement goto merupakan statement Bahasa C yang digunakan untuk melompati statement lainnya yang kadang-kadang juga merujuk pada kondisi statement yang tidak dikondisikan sebelumnya. Statement goto pada Bahasa C dapat digunakan untuk melompati bagian manapun ke bagian lainnya pada posisi manapun untuk menuju ke suatu fungsi tertentu.

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Menuju Perintah Tertentu Bahasa C Menggunakan Goto Statement, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Perbedaan Antara While(1) dan While(0) Bahasa C, Fakta Tentang Statement Switch Bahasa C Beserta Fungsinya, dan Perbandingan Dua Program Looping Bahasa C.

Sintak:
  • label:
  • goto label:

Pada contoh sintak, baris pertama memberitahukan kompilator bahwa statement goto akan melompati ke bagian statement yang telah ditandai menggunakan label tertentu. Pada bagian label, baris tersebut digunakan sebagai identifier dari definisi user yang mengindikasikan target yang akan dituju dari statement goto. Statement goto yang telah diarahkan untuk melompat dan menuju ke label tertentu kemudian akan segera mengeksekusi baris kode program yang terdapat setelah kode label yang ditentukan. Kode 'label:' juga dapat ditampilkan sebelum bagian statement 'goto label;' yang berada sebelum sintak goto.

Berikut diperlihatkan beberapa contoh bagaimana statement goto Bahasa C digunakan.

Tipe1: pada kondisi ini, akan diperlihatkan suatu situasi yang sama seperti yang diperlihatkan pada sintak. Programmer perlu melakukan penulisan kode program dimana suatu fungsi harus dijalankan jika sebuah angka atau kondisi tertentu telah terpenuhi dan hasilnya akan dicetak pada layar sesuai dengan perintah fungsi yang dituju oleh statement goto. Berikut adalah ilustrasi programnya.

Contoh:

// Program Bahasa C untuk

// memeriksa apakah suatu

// bilangan adalah angka genap

// atau bukan, menggunakan

// statement goto.

#include <stdio.h>


// Fungsi untuk memeriksa

// bilangan genap.

void checkEvenOrNot(int num)

{

if (num % 2 == 0)

// jump to even

goto even;


else

// jump to odd

goto odd;


even:

printf("%d is even", num);

// return if even

return;


odd:

printf("%d is odd", num);

}


int main() {


int num = 26;


checkEvenOrNot(num);


return 0;

}

Output:
26 is even

Tipe2: Pada kondisi ini, akan diperlihatkan suatu situasi yang sama seperti yang diperlihatkan pada bagian sintak. Programmer harus membuat suatu baris program untuk mencetak nilai angka dari 1 hingga 10 menggunakan statement goto Bahasa C. Berikut adalah ilustrasi penggunakan statement goto tersebut.

Contoh:

// Program Bahasa C untuk

// mencetak angka dari angka 1

// hingga angka 10 menggunakan

// statement goto.

#include <stdio.h>


// Fungsi untuk mencetak angka

// 1 hingga angka 10.

void printNumbers()

{

int n = 1;


label:

printf("%d ",n);

n++;

if (n <= 10)


goto label;

}


// Program driver untuk

// menguji fungsi printNumers.

int main() {

printNumbers();


return 0;

}

Output:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Kekurangan statement goto:
  • Penggunaan statement goto sebaiknya dikurangi penggunaannya, karena membuat eksekusi program menjadi sangat kompleks.
  • Penggunaan statement goto membuat proses penyelesaian tugas, analisis, dan verifikasi baris kode program menjadi sangat sulit ketika dijalankan.
  • Penggunaan statement goto pada umumnya hanya untuk menghindari penggunaan statement break dan continue, yang pada dasarnya jauh lebih direkomendasikan dari pada statement goto pada Bahasa C.



Dalam pemrograman C, setiap instruksi dan alur logika memiliki cara tersendiri dalam mengarahkan jalannya program. Bahasa C, yang dikenal sebagai bahasa pemrograman tingkat menengah dengan fleksibilitas tinggi, menawarkan berbagai struktur kontrol, seperti loop, conditional statements, dan juga statement lain yang lebih unik, yaitu *goto*. *Goto statement*, walaupun jarang digunakan dalam praktik modern, menjadi bagian integral dari bahasa C dan berfungsi untuk langsung mengarahkan jalannya program ke perintah atau label tertentu yang telah didefinisikan.

Ketika berbicara tentang *goto statement*, pemrogram sering teringat akan era awal pemrograman yang mengutamakan efisiensi kode. Pernyataan ini berfungsi dengan cara yang berbeda dibandingkan struktur kontrol lainnya. Dalam proses eksekusi, ketika program mencapai pernyataan *goto*, alur kode secara otomatis berpindah ke label yang ditentukan dalam pernyataan tersebut, melewati instruksi-instruksi lain di antaranya. Hal ini memungkinkan *goto* menjadi alat kontrol alur yang efektif jika dipahami dan diterapkan dengan benar.

Satu keuntungan dari *goto statement* adalah kemampuannya untuk memecahkan situasi yang membutuhkan kontrol alur kompleks. Misalnya, dalam kasus di mana suatu program harus menghentikan eksekusi atau memutar kembali ke titik tertentu setelah menjalankan serangkaian instruksi. Dalam situasi ini, *goto statement* dapat mengurangi kebutuhan untuk menulis kode secara berulang. Pemrogram dapat mendefinisikan label di lokasi tertentu, dan kapan pun diperlukan, memanggil kembali label tersebut menggunakan *goto statement*. Dengan demikian, *goto* memudahkan untuk mencapai titik spesifik tanpa perlu membuat struktur logika tambahan seperti nested loops yang kompleks atau fungsi terpisah.

Namun, penerapan *goto statement* juga membawa tantangan tersendiri. Ketika kode memiliki terlalu banyak *goto*, kode menjadi sulit dipahami dan diikuti. Dalam dunia pemrograman, situasi seperti ini dikenal sebagai "spaghetti code." Terlalu sering mengandalkan *goto statement* membuat alur program saling melompat dari satu bagian ke bagian lainnya tanpa urutan logika yang jelas. Kode yang sulit dipahami ini dapat menghambat kerja sama tim dan membuat pemeliharaan kode menjadi lebih rumit, apalagi bagi pemrogram baru atau anggota tim yang baru bergabung.

Selain itu, *goto statement* tidak mendukung pengelolaan sumber daya yang baik. Dalam beberapa kasus, jika suatu proses dialihkan secara tiba-tiba tanpa memperhatikan alokasi memori atau pembebasan variabel, hal ini dapat memicu kebocoran memori. Ketika program ditulis dengan pola penggunaan *goto* yang berlebihan, pengelolaan memori dapat terabaikan, menyebabkan inefisiensi dan potensi kerusakan pada sistem yang lebih besar. Oleh karena itu, setiap keputusan untuk menggunakan *goto statement* dalam bahasa C harus disertai dengan perhitungan dan perencanaan yang matang.

Meskipun banyak kelemahan, ada beberapa situasi di mana penggunaan *goto* dapat bermanfaat dan mempercepat alur kerja. Salah satunya adalah pada penanganan error atau pengecekan kondisi. Pada bagian akhir dari beberapa proses kompleks, sering kali dibutuhkan mekanisme untuk keluar secara langsung dari beberapa lapisan loop atau kondisi. Dalam kasus ini, *goto statement* berfungsi sebagai jalur pintas yang memungkinkan program keluar secara langsung dan cepat tanpa harus melalui kondisi-kondisi tambahan. Pada bahasa C, ini sering diterapkan dalam blok kode yang mengelola alokasi dan pembebasan sumber daya, di mana *goto* diarahkan ke suatu label tertentu untuk melakukan tindakan pembersihan sebelum keluar dari fungsi.

Selain dalam penanganan error, *goto* juga kadang-kadang digunakan dalam loop yang kompleks atau proses pemrosesan berlapis. Jika loop atau proses membutuhkan pengendalian alur yang rumit, seperti untuk menghentikan eksekusi ketika kondisi tertentu terpenuhi tanpa melanjutkan proses lain, *goto* menjadi pilihan yang lebih sederhana daripada menggunakan *break* atau *return* yang mungkin tidak sesuai. Dalam proses ini, penggunaan *goto* membuat program lebih efisien karena tidak lagi memerlukan perulangan tambahan, terutama pada proses yang intensif waktu dan sumber daya.

Meskipun begitu, seiring berkembangnya teknologi dan prinsip-prinsip dalam rekayasa perangkat lunak, penggunaan *goto* semakin diminimalisir. Prinsip-prinsip desain program modern lebih mengutamakan modularitas, di mana setiap bagian kode sebaiknya dipecah menjadi fungsi atau modul yang dapat diatur dan diuji secara mandiri. Dengan memecah fungsi-fungsi tersebut, kontrol alur program menjadi lebih jelas dan terstruktur, membuat pemrograman berbasis fungsi atau berbasis objek menjadi lebih mudah dipahami dan di-maintain. Dalam metode ini, kebutuhan untuk menggunakan *goto* dapat digantikan oleh fungsi, loop, atau pernyataan kondisional lainnya.

Beberapa bahasa pemrograman modern bahkan menghilangkan *goto* sepenuhnya, menunjukkan bahwa struktur kontrol yang lebih baik telah menggantikan peran *goto* di sebagian besar aplikasi. Bahasa-bahasa pemrograman seperti Python, misalnya, tidak memiliki *goto*, mengharuskan pengguna untuk menggunakan struktur kontrol lain yang lebih aman dan terarah. Bahasa modern seperti Java juga mengadopsi pendekatan yang serupa dengan mengandalkan penggunaan exception handling dan alur kontrol yang lebih jelas tanpa perlu *goto statement*.

Sebagai bagian dari perjalanan sejarah dalam pemrograman, *goto statement* tetap layak untuk dipelajari dalam bahasa C, terutama untuk memahami bagaimana teknik-teknik pengendalian alur dikembangkan sejak awal. Mempelajari *goto* memberikan wawasan yang lebih luas tentang logika di balik pembuatan keputusan alur program pada era sebelum konsep-konsep pemrograman modern seperti fungsi, modularitas, dan pemrograman berorientasi objek dikenal luas.

Pada akhirnya, *goto statement* dalam bahasa C menawarkan fleksibilitas tinggi bagi pemrogram yang terlatih, tetapi tetap membutuhkan pendekatan hati-hati dalam penerapannya. Perkembangan prinsip-prinsip desain perangkat lunak telah menunjukkan bahwa modularitas, keterbacaan, dan efisiensi adalah aspek penting yang sebaiknya menjadi fokus utama. Penggunaan *goto* sebaiknya dibatasi hanya dalam situasi yang memang membutuhkannya, misalnya dalam proses pengecekan error yang sangat spesifik atau dalam pengelolaan memori yang sangat presisi. Dengan pendekatan ini, *goto* dapat menjadi alat yang berguna tanpa merusak struktur dan kualitas kode program yang baik.

Memahami kapan dan bagaimana menggunakan *goto* secara tepat menjadi keterampilan yang penting bagi pemrogram yang ingin menguasai bahasa C pada tingkat yang lebih mendalam. Pemrogram yang cakap akan selalu mengevaluasi pilihan yang paling efektif dan efisien untuk setiap permasalahan yang dihadapi dalam pemrograman. Goto statement, dalam konteksnya, tetap menjadi salah satu opsi dalam kotak peralatan pemrogram, siap digunakan dengan bijak pada saat-saat yang benar-benar membutuhkannya.

Artikel ini didedikasikan kepada: Safa'Ati, Shifa Rochmatul Fitri, Tiya Harum Pradista, Yosie Paksi Vidiyuananta, dan Achmad Syamsul.

6 komentar untuk "Menuju Perintah Tertentu Bahasa C Menggunakan Goto Statement"

  1. Apa yang dimaksud dengan statement Goto pada Bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Statement Goto pada bahasa C adalah statement lompat yang digunakan untuk melompat dari satu bagian kode ke bagian kola lain dari bahasa C. Statement goto membantu dalam proses pengubahan aliran normal program sesuai dengan kebutuhan yang akan dilaksanakan oleh user.

      Hapus
    2. Statement goto dapat digunakan untuk mengubah aliran kontrol dalam suatu program. Meskipun statement goto dapat digunakan untuk membuat perulangan dengan waktu pengulangan yang terbatas, namun tetap disarankan untuk menggunakan struktur perulangan lain seperti for, while, dan do-while.

      Hapus
    3. Penggunaan statement goto membutuhkan label untuk proses pendefinisian tujuan dalam program yang digunakan.

      Hapus
  2. Apakah penggunaan statement goto dianjurkan pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggunaan statement goto sangat tidak dianjurkan dalam bahasa pemrograman C karena kondisi apapun, karena dapat membuat proses kerja program menjadi lebih sulit dalam pelacakan aliran kontrol suatu program, dan akan membuat program sulit untuk dipahami dan sulit untuk dimodifikasi.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -