Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Persamaan Matematika HTML Menggunakan MathML DOM

Properti MathML menjadi bagian dari HTML5 saat ini dari verti MathML versi 3, yang telah diperkenalkan sejak tahun 2015. MathML merupakan singkatan dari Mathematics Markup Language. MathML digunakan untuk merepresentasikan persamaan atau ekspresi matematika pada web browser sama halnya seperti elemen HTML. Versi pertama dari MatchML diperkenalkan pada tahun 1998 dan setelahnya versi kedua pun dikeluarkan pada tahun selanjutnya. Pada dasarnya, MathML merupakan bentuk representasi visual dari formula matematika kompleks atau persamaa matematika kompleks yang dibuat secara sederhana. MathML didukung penggunaannya pada HTML, dimana semua tag MathML harus berada di dalam <math> dan </math>.

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Membuat Persamaan Matematika HTML Menggunakan MathML DOM, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Mendapatkan Track Video HTML Menggunakan videoTracks DOM, Properti textTracks HTML DOM Beserta Fungsinya, dan Mendapatkan Tanggal HTML Menggunakan Properti startDate DOM.

MathML digunakan untuk mendeskripsikan nilai matematika sebagai sebuah dasar untuk komunikasi antara mesin ke mesin, dalam hal ini penggunaan MatchML mampu digunakan oleh berbagai macam editor dalam pembuatan programnya. MathML bukanlah sebuah kalkulator HTML yang dapat digunakan untuk menghitung atau menyelesaikan persamaan kompleks, melainkan hanya sebagai alat untuk menampilkan sebuah permsaan matematika saja. MatML bukanlah sebuah bahasa pemrograman, melainkan hanya sebuah bahasa tampilan dari Mathematics Markup Language.

MathML dapat digunakan untuk:
  • MathML dapat digunakan untuk merepresentasikan nilai dalam bentuk matrik.
  • MathML dapat digunakan untuk merepresentasikan nilai persamaan partisi differential.
  • MathML dapat digunakan untuk merepresentasikan persamaan reaksi kimia.

Contoh: Berikut adalah contoh penggunaan MathML.

<!DOCTYPE html>

<html>


<head>

<title>

HTML5 MathML

</title>

</head>


<body 

style="text-align:center;">


<h1 

style="color:green">

Blog Elfan

</h1>


<h3>HTML5 MathML</h3>


<!--Tag Awalan Penggunaan 

MathML-->

<math>


<!-- Membuat Matriks -->

<mrow>

<mi>A</mi>

<mo>=</mo>

<mfenced open="[" close="]">

<mtable>


<mtr>

<mtd><mi>a</mi></mtd>

<mtd><mi>b</mi></mtd>

</mtr>


<mtr>

<mtd><mi>x</mi></mtd>

<mtd><mi>y</mi></mtd>

</mtr>


</mtable>

</mfenced>

</mrow>


<br><br>


<!-- Membuat Persamaan -->

<msub>

<mi>Makan</mi><mn>4</mn>

</msub>


<mo>+</mo>

<mn>Makan</mn>

<mo>=</mo>


<msub>

<mi>M</mi>

</msub>


<mo>→</mo>


<msub>

<mi>A</mi>

<mn>2</mn>

</msub>


<mo>→</mo>

<mi>K</mi>

<mi>N</mi>

<mn>4</mn>


<msub>

<mi>M</mi>

</msub>


<mo>→</mo>


<msub>

<mi>A</mi>

<mn>2</mn>

</msub>


<mo>→</mo>

<mi>K</mi>

<mi>N</mi>


</math>


</body>


</html>

Output:

Blog Elfan

HTML5 MathML

A=abxy

Makan4+Makan=MA2KN4MA2KN


Catatan: Terdapat lebih dari 30 contoh tag MatchML yang tersedia pada HTML5. Semua tag tersebut diperlihatkan pada daftar berikut.
  • MathML <math>: merupakan elemen yang digunakan dalam HTML5 yang merepresentasikan penggunaan elemen MathML.
  • MathML <maction>: digunakan untuk memperlihatkan aksi bind dari setiap ekspresi.
  • MathML <menclose>: digunakan untuk melakukan render konten yang berada di dalam notasi anbenclosing khusus oleh atribut notasi.
  • MathML <merror>: digunakan untuk melakukan ekspresi wrap dalam sebuah kotak atau box, yang membuat nilai ekspresi menjadi lebih menarik untuk dilihat.
  • MathML <mfenched>: digunakan untuk menambah kostum open dan closing parentheses.
  • MathML <mfrac>: digunakan untuk menambah simbol fraksi diantara dua nilai atau persamaan.
  • MathML <mglyph>: digunakan hanya untuk karakter atau simbol yang tidak tersedia pada karakter Unicode.
  • MathML <mi>: digunakan sebagai nilai identifier seperti simbol atau fungsi. Dapat pula diletakkan statement apapun di dalam tag ini.
  • MathML <mlabeledtr>: digunakan untuk merepresentasikan sebuah label pada sebuah baris, baik berada diposisi kiri ataupun pada posisi kanan dari sudut elemen <mtable>.
  • MathML <mmultiscripts>: digunakan untuk menciptakan matrik multi dimensi, dimana nilai derajatnya bergantung pada nilai kondisional dari representasi array.
  • MathML <mn>: digunakan untuk menampilkan sebuah karakter numerik yang umumnya adalah sebuah sekuensial digit dengan sebuah pemisah.
  • MathML <mo>: digunakan untuk mencetak nilai operator diantara elemen, dimana setiap nilai operator matematika dapat digunakan oleh tag ini.
  • MathML <mover>: digunakan untuk melakukan attach accent atau limit pada sebuah ekspresi.
  • MathML <mpadded>: digunakan untuk menambah padding ekstra dan mengatur posisi tengah umum dari nilai posisi dan sudut konten.
  • MathML <mphantom>: digunakan untuk melakukan render visibilitas tetapi nilai dimensinya tetap terjaga.
  • MathML <mroot>: digunakan untuk menampilkan nila pangkat dari akar.
  • MathML <mrow>: digunakan untuk menciptakan sebuah baris yang mengandung beberapa ekspresi matematika atau nilai teks acak lainnya.
  • MathML <ms>: digunakan untuk merepresentasikan nilai string yang akan menampilkan ekspresi matematika oleh bahasa pemrograman dan sistem aljabar komputer.
  • MathML <mspace>: digunakan untuk mencetak ruang kosong, dimana nilai ukuran dari ruang kosong tersebut telah disebutkan pada bagian atribut.
  • MathML <msqrt>: digunakan untuk menampilkan nilai root squire dari elemen konten.
  • MathML <style>: merupakan tag inbuild pada HTML5, yang digunakan untuk mengubah nilai style dari elemen child.
  • MathML <msub>: digunakan untuk mencetak nilai pangkat dari dari ekspresi apapun.
  • MathML <msubsup>: digunakan untuk mencetak pangkat dasar dan pangkat lainnya dalam berbagai ekspresi.
  • MathML <msup>: digunakan untuk mencetak nilai pangkat dari ekspresi apapun.
  • MathML <mtable>: sama dengan penggunaan tag <table> pada umumnya.
  • MathML <mtd>: digunakan untuk menciptakan sebuah data tabel dari sebuah tabel atau metrik pada HTML5.
  • MathML <mtext>: digunakan untuk mencetak nilai teks apapun sebelum dan sesudah ekspresi apapun.
  • MathML <mtr>: digunakan untuk menciptakan baris dari sebuah tabel atau metrik pada HTML5.
  • MathML <mth>: digunakan untuk menciptakan header dari sebuah tabel atau metrik pada HTML5.
  • MathML <munder>: digunakan untuk attach dari accent atau limit di bawah nilai ekspresi.
  • MathML <munderover>: digunakan untuk attach dari accent atau limit di bawah nilai ekspresi atau di atas nilai ekspresi.
  • MathML <semantics>: digunakan untuk melakukan markup nilai matematika, dengan dua kondisi markup.

Membuat persamaan matematika dalam HTML merupakan salah satu hal yang penting, terutama bagi keperluan pendidikan, ilmiah, dan penyajian data yang memerlukan tampilan rumus-rumus matematis. Dalam hal ini, MathML adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk menyusun dan menampilkan persamaan matematika langsung di halaman web dengan cara yang lebih terstruktur. MathML, atau singkatan dari Markup Matematika, adalah sebuah spesifikasi berbasis XML yang dirancang khusus untuk mewakili simbol dan struktur matematika. Penggunaan MathML memungkinkan tampilan yang lebih baik dan standar yang lebih tepat untuk rumus matematika, yang seringkali sulit ditampilkan dengan benar menggunakan metode penulisan teks biasa.

Salah satu kelebihan dari MathML adalah kemampuannya untuk berintegrasi dengan DOM, atau Dokumen Objek Model, dalam struktur HTML. DOM sendiri adalah representasi pohon dari elemen-elemen yang ada dalam sebuah dokumen web, yang memungkinkan pengembang untuk memanipulasi konten secara dinamis menggunakan bahasa pemrograman seperti JavaScript. Dengan kata lain, MathML tidak hanya dapat ditulis secara langsung dalam kode HTML, tetapi juga dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan kebutuhan melalui interaksi dengan DOM.

Ketika menyusun persamaan matematika dengan MathML, setiap elemen matematika disusun menggunakan elemen-elemen spesifik yang tersedia dalam standar MathML. Elemen-elemen ini berfungsi sebagai pembentuk struktur persamaan, mulai dari tanda tambah, kurung, hingga simbol integral atau radikal. Setiap elemen tersebut memiliki tag yang sesuai, yang diatur sesuai dengan hierarki matematika yang benar. Misalnya, jika ingin menampilkan sebuah persamaan kuadrat, elemen-elemen tersebut akan diatur sedemikian rupa sehingga persamaan tersebut dapat dilihat seperti halnya dalam buku teks matematika. 


Integrasi antara MathML dan DOM memberikan fleksibilitas yang sangat tinggi dalam pembuatan konten matematika. Misalnya, pengembang dapat membuat persamaan yang dinamis, di mana nilai-nilai atau elemen dalam persamaan dapat berubah sesuai dengan input dari pengguna. Hal ini sangat bermanfaat dalam berbagai aplikasi pendidikan daring atau perangkat lunak pembelajaran interaktif yang melibatkan manipulasi langsung terhadap persamaan matematika. Selain itu, elemen MathML yang telah dimasukkan dalam struktur HTML dapat dikenali oleh mesin pencari, sehingga memberikan nilai lebih dalam hal aksesibilitas dan pengindeksan konten.

Dalam penerapannya, MathML tidak terbatas pada satu tipe matematika saja. Berbagai cabang matematika, mulai dari aljabar dasar hingga kalkulus tingkat lanjut, dapat diwakili dengan cukup baik menggunakan MathML. Bahkan, notasi-notasi ilmiah yang sering digunakan dalam fisika, kimia, atau ilmu teknik juga dapat disusun dengan MathML. Contohnya, untuk menampilkan persamaan kimia atau grafik dalam fisika, MathML dapat memberikan fleksibilitas yang diperlukan untuk menyusun rumus-rumus tersebut dengan struktur yang tepat.

Namun, dalam penerapannya di HTML, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tidak semua peramban web sepenuhnya mendukung standar MathML, meskipun dukungan tersebut semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi peramban modern. Untuk memastikan kompatibilitas, terkadang pengembang perlu menggabungkan MathML dengan teknologi lain, seperti penggunaan pustaka JavaScript tambahan atau gaya kustom, untuk memastikan bahwa persamaan matematika yang dibuat dapat tampil dengan benar di berbagai perangkat dan peramban. Ini juga penting dalam hal aksesibilitas, karena persamaan matematika harus dapat diakses oleh semua pengguna, termasuk yang menggunakan pembaca layar atau perangkat bantu lainnya.

Selain itu, ada aspek optimasi yang juga perlu diperhatikan saat menggunakan MathML. Dalam dokumen yang kompleks dan memuat banyak persamaan matematika, pengaturan dan pengelolaan struktur MathML harus dilakukan dengan efisien agar tidak membebani kinerja halaman web. Dalam situasi semacam ini, manipulasi DOM dapat sangat membantu dalam mengontrol bagaimana dan kapan persamaan tersebut dimuat dan ditampilkan kepada pengguna. Misalnya, pengembang dapat mengatur agar persamaan-persamaan yang rumit hanya dimuat jika benar-benar diperlukan, atau menggunakan strategi pemuatan lambat untuk menjaga kinerja halaman tetap optimal.

Dalam konteks pendidikan, penggunaan MathML dalam HTML juga membawa manfaat besar. Dengan adanya standar yang jelas dan dukungan dari DOM, materi-materi pembelajaran matematika dapat disusun dengan lebih rapi dan terstruktur. Guru dan pengajar dapat membuat bahan ajar interaktif yang memungkinkan peserta didik untuk tidak hanya melihat, tetapi juga berinteraksi dengan persamaan matematika secara langsung. Hal ini tentu meningkatkan pengalaman belajar dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan.

Dengan demikian, penggunaan MathML dalam HTML merupakan langkah maju dalam penyusunan konten web yang melibatkan matematika. Dengan kemampuan integrasi dengan DOM, pengembang dapat menciptakan persamaan yang interaktif, dinamis, dan dapat diakses oleh berbagai kalangan. Meskipun ada tantangan terkait kompatibilitas peramban dan kinerja, manfaat yang ditawarkan oleh MathML jauh lebih besar, terutama dalam hal penyajian konten yang akurat dan dapat diakses. Pengembangan teknologi web yang terus berlanjut diharapkan akan semakin meningkatkan dukungan terhadap MathML, sehingga penggunaan persamaan matematika di web menjadi lebih mudah dan efisien di masa mendatang.

Dengan begitu, dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, kemampuan untuk menyajikan matematika secara visual dan interaktif di halaman web adalah kebutuhan yang semakin penting. MathML, sebagai standar yang didukung oleh teknologi HTML dan DOM, menawarkan solusi yang canggih dan fleksibel untuk kebutuhan tersebut.

Penggunaan MathML juga memiliki dampak positif dalam dunia penelitian dan publikasi ilmiah. Dalam dokumen-dokumen yang memuat persamaan kompleks, seperti jurnal atau makalah akademik, MathML dapat menjadi solusi untuk menyajikan persamaan secara langsung di dalam laman web tanpa harus bergantung pada gambar atau grafik statis. Hal ini memungkinkan dokumen-dokumen tersebut untuk tetap interaktif dan mudah dicari, sehingga mempercepat proses penelaahan dan pemahaman oleh pembaca. Selain itu, karena MathML berbasis teks, maka dapat dengan mudah dikonversi atau diproses lebih lanjut oleh perangkat lunak lain, seperti perangkat lunak analisis matematika atau pembaca layar.

Dalam hal aksesibilitas, MathML sangat mendukung prinsip inklusivitas dalam desain web. Dengan menggunakan MathML, persamaan matematika dapat diakses oleh pengguna dengan kebutuhan khusus, seperti tunanetra, melalui perangkat pembaca layar yang kompatibel. Standar MathML dirancang untuk memastikan bahwa konten matematika dapat dijelaskan dengan baik melalui suara, sehingga pengguna dapat memahami struktur dan elemen-elemen dalam persamaan tersebut tanpa harus melihatnya. Hal ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna tetapi juga membantu menjembatani kesenjangan akses informasi di berbagai kalangan.

Di dunia pendidikan daring, MathML juga membuka peluang untuk menciptakan alat bantu belajar yang lebih inovatif. Dengan memanfaatkan kombinasi MathML dan DOM, pengembang dapat menciptakan kuis interaktif, simulasi matematika, atau permainan edukatif yang memanfaatkan persamaan matematika. Misalnya, sebuah aplikasi dapat meminta peserta didik untuk menyelesaikan sebuah persamaan, dan MathML dapat digunakan untuk menampilkan proses penyelesaian langkah demi langkah secara dinamis. Fitur semacam ini tidak hanya membantu peserta didik memahami materi, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan mendalam.

Selain manfaat teknis dan pendidikan, MathML juga mendukung pengembangan konten lintas platform. Dengan sifatnya yang berbasis teks, konten yang menggunakan MathML dapat dengan mudah ditampilkan di berbagai perangkat, mulai dari komputer desktop hingga ponsel pintar. Hal ini memastikan bahwa persamaan matematika dapat diakses oleh pengguna kapan saja dan di mana saja, tanpa bergantung pada perangkat tertentu. Kemampuan lintas platform ini sangat penting, terutama dalam era digital saat ini di mana banyak pengguna mengakses konten melalui perangkat bergerak.

Untuk memaksimalkan potensi MathML, pengembang juga disarankan untuk memanfaatkan alat bantu dan sumber daya yang tersedia. Ada berbagai alat daring dan perangkat lunak yang dapat membantu mengonversi persamaan dari format lain ke dalam MathML. Alat-alat semacam ini sangat membantu, terutama bagi yang baru mulai menggunakan MathML atau yang perlu mengintegrasikan banyak persamaan sekaligus ke dalam dokumen web. Dengan dukungan komunitas pengembang dan penyedia alat bantu yang terus berkembang, implementasi MathML menjadi semakin mudah dan praktis.

Selain itu, pengembang juga perlu memastikan bahwa penggunaan MathML sesuai dengan standar dan pedoman yang telah ditetapkan. Dengan mengikuti standar tersebut, konten yang dibuat akan lebih terjamin kompatibilitasnya di berbagai perangkat dan peramban. Pengembang juga dapat memanfaatkan validasi dokumen untuk memastikan bahwa struktur MathML yang digunakan benar dan sesuai dengan aturan. Validasi ini penting untuk menghindari kesalahan tampilan atau masalah teknis yang mungkin muncul saat konten diakses oleh pengguna.

Ke depan, MathML diprediksi akan terus berkembang seiring dengan peningkatan dukungan dari peramban dan teknologi web lainnya. Semakin banyak pengembang yang menyadari pentingnya penyajian konten matematika yang akurat, efisien, dan mudah diakses, semakin besar pula kebutuhan akan standar seperti MathML. Dalam jangka panjang, adopsi MathML yang lebih luas diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, penelitian, hingga publikasi ilmiah.

Dengan memanfaatkan MathML, pengembang dan pendidik dapat menciptakan solusi yang tidak hanya meningkatkan kualitas penyajian konten matematika, tetapi juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Kombinasi antara teknologi HTML, DOM, dan MathML menawarkan cara yang canggih untuk menyusun dan menampilkan persamaan matematika secara digital, menjadikannya salah satu inovasi penting dalam pengembangan konten web modern. Dengan pendekatan yang tepat, MathML dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat untuk menyampaikan konsep matematika secara efektif di era digital.

Artikel ini akan dibaca oleh: Ahmad Yanuar Al Hakim, Aira Azalea, Ajeng Deva Ivanka, Akrimna Binuril Fahmi, dan Aldena Tabriz.

5 komentar untuk "Membuat Persamaan Matematika HTML Menggunakan MathML DOM"

  1. Apa yang dimaksud dengan MathML?

    BalasHapus
    Balasan
    1. MathML itu adalah sejenis bahasa HTML yang digunakan untuk membuat persamaan matematika di website.

      Hapus
  2. Apakah semua bentuk persamaan matematika dapat dibuat menggunakan MathML tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semua bentuk persamaan matematika dapat dibentuk menggunakan MathML tersebut.

      Hapus
    2. MathML merupakan singkatan dari Mathematical Markup Language yang memang dikembangkan untuk membantuk menulis persamaan matematika di web.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -