Cara Menyisipkan String Java dan Fungsinya
Parameter: method ini menerima parameter tunggal cp dari integer dan mengacu pada Unicode code point.
String kata1 = "Hello";
String kata2 = "World";
String hasil = kata1
+ " "
+ kata2;
System.out.println(hasil);
// Output: Hello World
String kata1 = "Hello";
String kata2 = "World";
String hasil = kata1.concat(" ").concat(kata2);
System.out.println(hasil);
// Output: Hello World
StringBuilder builder = new StringBuilder();
builder.append("Hello");
builder.append(" ");
builder.append("World");
String hasil = builder.toString();
System.out.println(hasil);
// Output: Hello World
String nama = "John";
int usia = 25;
String hasil =
String.format("Nama: %s, Usia: %d", nama, usia);
System.out.println(hasil);
// Output: Nama: John, Usia: 25
StringBuilder builder = new StringBuilder();
builder.append("Hello");
builder.append(" ");
builder.append("World");
String hasil = builder.toString();
System.out.println(hasil);
// Output: Hello World
String kata1 = "Hello";
String kata2 = "World";
String hasil = String.join(" ", kata1, kata2);
System.out.println(hasil);
// Output: Hello World
int cp = 65
Output: AppleA
Input:
int cp = 156
Output: MakandanMakan?
Penjelasan:
Karena 65 adalah nilai ASCII untuk karakter 'A' dan 156 adalah nilai ASCII value untuk karakter '?'.
/* Contoh ilustrasi program Java java.lang.StringBuffer.appendCodePoint(int cp) */
import java.lang.*;
// import semua isi package
// java.lang
public class makanan {
public static void main(String[] args)
{
StringBuffer sbf = new StringBuffer("sate kerbau");
System.out.println("String"
+" buffer = "
+ sbf);
// letak appends (penambahan)
// CodePoint
// String menuju ke string
// buffer
sbf.appendCodePoint(65);
System.out.println("setalah"
+" appending CodePoint string"
+" menjadi = "
+ sbf);
}
}
Setelah appending CodePoint string menjadi = sate kerbauA
/* Contoh ilustrasi program Java java.lang.StringBuffer.appendCodePoint(int cp) */
import java.lang.*;
/* import semua isi package java.lang */
public class makanan {
public static void main(String[] args)
{
StringBuffer sbf = new StringBuffer("sate usus");
System.out.println("String"
+" buffer = "
+ sbf);
// letak appends (penambahan)
// CodePoint
// String menuju ke string
// buffer
sbf.appendCodePoint(54);
System.out.println("setalah"
+" appending CodePoint string"
+" menjadi = "
+ sbf);
}
}
Setelah appending CodePoint string menjadi = sate usus6
Contoh: Program 3.
/* Contoh ilustrasi program Java java.lang.StringBuffer.appendCodePoint(int cp) */
import java.lang.*;
/* import semua isi package java.lang */
public class makanan {
public static void main(String[] args)
{
StringBuffer sbf = new StringBuffer("sate kambing");
System.out.println("String"
+" buffer = "
+ sbf);
// letak appends (penambahan)
// CodePoint
// String menuju ke string
// buffer
sbf.appendCodePoint(43);
System.out.println("Setelah"
+" appending CodePoint string"
+" menjadi = "
+ sbf);
}
}
Setelah appending CodePoint string menjadi = sate kambing+
- Immutability (Tidak Dapat Diubah): Objek String bersifat immutable, yang berarti setelah sebuah objek String dibuat, nilainya tidak dapat diubah. Hal ini membawa kejelasan dan keamanan dalam pemrograman, terutama saat bekerja dengan string di lingkungan multithread.
- String Pool: Java memiliki konsep "String pool" di mana string-string dengan nilai yang sama disimpan dalam lokasi memori yang sama. Ini dapat menghemat memori karena nilai yang sama tidak disimpan berulang kali.
- Pendukung Unicode: Kelas String mendukung Unicode, yang membuatnya cocok untuk memanipulasi teks dalam berbagai karakter dan bahasa. Unicode memungkinkan representasi karakter dari berbagai skrip dan alfabet.
- Pengoperasian String yang Nyaman: Kelas String menyediakan berbagai metode yang memungkinkan operasi dan manipulasi string dengan mudah. Misalnya, metode length(), charAt(), substring(), dan banyak lagi memudahkan pengelolaan string.
- Penggunaan Operator + untuk Concatenation: Operator + dapat digunakan untuk menggabungkan string dengan cara yang jelas dan mudah dimengerti.
- String kata1 = "Hello";
- String kata2 = "World";
- String hasil = kata1 + " " + kata2;
- Metode intern(): Metode intern() dapat digunakan untuk menambahkan string ke String Pool, yang dapat membantu dalam penghematan memori jika ada banyak string dengan nilai yang sama.
- String s1 = new String("Hello");
- String s2 = s1.intern(); // Menambahkan ke String Pool
- Dukungan pada Operator == dan equals(): Operator == dapat digunakan untuk memeriksa kesamaan referensi objek string, sedangkan metode equals() digunakan untuk memeriksa kesamaan nilai string. Keberadaan metode equals() memungkinkan pembandingan nilai, bukan hanya referensi objek.
- String s1 = "Hello";
- String s2 = "Hello";
- if (s1.equals(s2)) {/* Melakukan sesuatu jika nilai string sama */}
- Pembuatan String dari Array Karakter: Objek String dapat dengan mudah dibuat dari array karakter menggunakan konstruktor String(char[] chars).
- char[] karakter = {'H', 'e', 'l', 'l', 'o'};
- String kata = new String(karakter);
- Pendukung untuk Format dan Parsing: Kelas String mendukung operasi format dan parsing melalui metode format() dan valueOf().
- String hasil = String.format("Halo, %s!", "Dunia");
- Kejelasan dan Konsistensi: Kesederhanaan dan konsistensi dalam penggunaan String membuatnya mudah dipahami oleh pengembang. Penggunaan metode dan operasi pada string yang konsisten mempermudah penggunaan dan pemahaman kode.
- Cara Membuat Program Berulang pada Java Menggunakan Looping
- Statement Pengambil Keputusan Java dan Fungsinya
- Kendala Penggunaan For Each Loop Java dan Solusinya
- Membuat Program Berulang Java Menggunakan For Loop
- Membuat Perintah Keyboard Java Menggunakan Switch Statement
- Membuat Perintah Keyboard Java Menggunakan String Switch Case
- Deklarasi Forward Java dan Fungsinya
6 komentar untuk "Cara Menyisipkan String Java dan Fungsinya"
Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106
Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.
Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.
- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -
Apa yang dimaksud dengan string pada bahasa pemrograman Java?
BalasHapusString banyak digunakan dalam bahasa pemrograman Java yang merupakan bentuk urutan atau untaian dari nilai-nilai karakter atau char. Dalam bahasa pemrograman Java, string adalah bentuk dari object.
HapusBagaimana cara untuk mencetak string pada bahasa pemrograman Java?
BalasHapusMethod string pada bahasa pemrograman Java mengembalikan nilai representasi string dari sebuah object. Jika ingin mencetak suatu object pada bahasa pemrograman Java, maka kompilator Java secara internal akan memanggil method toString() pada object Java tersebut. Jadi, jika dilakukan override pada method toString(), maka nilai keluaran yang akan muncul adalah dalam bentuk status object, dan lain sebagainya.
HapusApakah perbedaan string pada Java dan bahasa C?
BalasHapusString Java berisi untaian karakter-karakter dari Unicode yang tidak dapat diubah. Berbeda dengan bahasa C dan C++, dimana string hanyalah bentuk dari untaian-untaian karakter array. Pada Java, programmer dapat menetapkan secara literal string secara langsung ke dalam variabel string, ketimbang menggunakan construct untuk membuat instance string.
Hapus